3D Max [Desain Animasi Font 3D]


Hasil contoh Video bisa di lihat di bawah

Kali ini kita akan mencoba sedikit bermain ke animasi yang ada pada 3DMax. hanya memutar arah kamera sehingga merubah sudut pandang sebuah objek. Jangan lupa kalian harus membuat desain sebelumnya agar bisa membuat animasi ini. Atau bisa juga kalian membuat objek sendiri dengan kereasi kalian..

  • Buka tutorial terakhir yang sudah di kerjakan sebelumnya
  • Pilih objek dinding.
  • Tekan M pada keyboard
  • Pilih sampel material pertama.
  • Klik tombol Standard.
  • Pilih Radio Mtl Library.
  • Dari daftar list pilih material Concrete Blue Stucco, lalu klik OK
  • Pilih icon Assign Material To Selection.
  • Kecilkan jendela Material Editor.
  • Render pada tampilan Perspective Preview.
  • Ulangi untuk ,lantai dengan material Wood pada sampel material box kedua, dan label nama pada sampel material box ketiga.
  • Tutup Material Editor.
  • Aktifkan Perspective Viewport.
  • tekan C untuk menggantinya menjadi Camera Viewport.
  • Beralih ke Top Viewport.
  • Pilih Target Camera dan letakkan ditengah ruang.
  • Perhatikan pergerakan pada Camera01 Viewport.
  • Kembali pada Top Viewport pilih camera dan geser menjauh sehingga seluruh ruang tampak pada Camera01 Viewport.
  • Pada left atau Front Viewport atur ketinggian dari camera, hingga seluruh ruang tampil pada Camera01 Viewport.
  • Lakukan pembesaran Zoom Extents pada Top Viewport.
  • Tekan tombol Animate.
  • Geser roll dari 0/100 ke 50/100 pada Top Viewport pilih camera dan geser ke sebelah kanan.
  • Non aktifkan tombol Animate.
  • Pilih icon Zoom Extents All.
  • Jalankan tombol Play dan perhatikan pergerakan setiap Viewport.
  • Pilih camera pada salah satu Viewport.
  • Geser roll pada posisi 0/100. Tekan Shift + Ctrl dan klik drag key frame pada 0/100 untuk menduplikatnya ke key 80/100.
  • Coba jalankan tombol Play, dan perhatikan jika animasi camera bergerak dan kembali ke posisi awal.
  • Pilih menu Rendering > Render.
  • Pada jendela render Scene pilih Active Time Segment 0 To 100 atau isi range dari 0 To 100 untuk Time Output.
  • Untuk Output Size pilih 640×480 atau ketik pada Width 640 dan Height 480.
  • Klik tombol Files pada Render Output.
  • TEntukan folder menyimpan dan beri nama masing-masing, pastikan format penyimpanan adalah *.avi, lalu klik tombol Save.
  • Pada jendela Video Compression, biarkan settingan default Cinepack Codec by Radius, lalu klik OK.
  • Pastikan pada bagian Viewport adalah Camera01, lalu klik tombol Render.

Layaknya sebuah virtualisasi bangunan bukan…? Coba di kembangkan dengan lebih baik lagi…mudah2an bisa menjadi sebuah awal proyek yang membuat kalian mendapat pekerjaan sambilan..

Inspirasi : Dosen Renderasi Dan Animasi 3D Pak Adil

Penulis : Azimy Aviv

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s