3D Max [Bola dan Meja Pimpong]


Kali ini kita akan mencoba membuat desain meja dan bola pimpong. silahkan mengikuti langkah –  langkah yang ada.

  • Buka aplikasi 3DS Max
  • Buka pekerjaan terakhir
  • Pilih FIle > Reset
  • Pilih Yes.
  • Buat kotak dalam viewport Perspective.
  • Putar Viewport Perspective dengan  cara tekan tombol ALT dan tombol tengah mouse, atau dengan cara memutar viewport mnggunakan tombol Arc Rotate dalam viewport navigation controls.
  • Perbesar atau perkecil gambar menggunakan tombol  Zoom, atau tekan CTRL+ALT dan tombol tengah mouse.
  • Dari Costumize menu, pilih Units Setup
  • Pilih US Standard lalu klik OK.
  • Klik Modify panel.
  • Ganti ukuran meja menjadi panjang 9 ft, lebar 5 ft, tebal 0.2 ft.
  • Pada rollout name and color ganti nama object menjadi Meja Pingpong.
  • Tekan G untuk menyembunyikan Grid.
  • Tekan M untuk membuka Material Editor.
  • Pada Material Editor, ganti nama material pertama in the top row menjadi Meja Pingpong.
  • Seret/drag material editor ke meja.
  • Meja pingpong biasanya berwarna hijau dengan strip putih. Tambahkan texture map ke dalam diffuse channel untuk membuat meja menjadi sperti meja pingpong yang sebenarnya.
  • Pilih kotak abu abu disisi tabel diffuse.
  • Pada Material/Map Browser, klik Bitmap lalu OK
  • Pada kotak dialog, cari folder bahan share dan temukan file pooltop.jpg yang sebelumnya dibuat pada photoshop atau coreldrawdengan ukuran yang sama dengan meja pingpong.
  • Pilih tombol Open.
  • Bitmap image ditampilkan pada sample sphere dalam mterial editor
  • Pada material editor, klik Show Map in Viewport.
  • Sesuaikan tiling pada material editor dengan cara mengklik tanda panah spinner. Tentukan nilai U dan nilai V hingga memenuhi meja pingpong.
  • Jika menjalankan software Z Buffer, perlu mengaktifkan Texture Correction. Jika texture tampak distorsi, lakukan hal dibawah ini:
  • Klik kanan pada label Perspective Viewport, lalu pilih Texture Correction
  • Tutup material Editor
  • Pada Objects tab, klik tombol Sphere.
  • Klik panel Create, tombol Sphere berubah menjadi hijau
  • Dalam panel/create aktifkan autogrid.
  • AutoGrid membantu membuat Sphere langsung diatas meja PingPong.
  • Di bagian bawah rollout Parameters, aktifkan Base To Pivot.
  • Pindahkan kursor ke atas meja. Muncul icon menampilkn untuk bola
  • Seret/drag bola keatas meja
  • Pada rollout Sphere parameters, ganti radius pada bola=0.4″ dan segment=18.
  • Ganti warna object bola pingpong  dengan warna yang sesuai
  • Dan ganti label nama Sphere01 menjadi BolaPingpong.
  • Pada objects type, klik tombol box.
  • Pada Perspective Viewport, buat box dengan ukuran kirakira length=0,2′ width=5′ height=0,6′
  • Matikan AutoGrid,
  • Posisikan Box ditengah dan diatas meja.
  • Klik Arc ROtate lalu putar viw untuk mencari posisi yang terbaik.
  • Pilih Box01, Pada panel Modify,ganti nama menjadi Net.
  • Tekan F3 untuk mengaktifkan wireframe mode.ganti segment width=30, segment height=4, dan segment length=1
  • Tekan F3 untuk mengembalikan Perspective Viewport menjadi Shaded Mode.
  • tekan M membuka Material Editor.
  • Pilih Blank Material dan beri nama Net.
  • Pada rollout Shader aktifkan Wire.
  • Klik Assign Material To Selection.
  • Klik color Swatch, disebelah Diffuse, lalu pilih warna dalam Color Selector untuk mengganti warna material net sesuai dengan keinginan.
  • coba tambahkan nilai Self-Illumination.
  • Pada Self-Illumination, klik label Color. Muncul kotak masukan numerical text. Klik label color untuk menampilkan kotak masukan numerical text.
  • Ganti nilai Self-Illumination = 10.
  • Simpan sebagai file nama masing-masing dan pastikan format penyimpanan adalah *.max

 

  • Pilih rendering > Render
  • Pada time Output pilih Single.
  • Pada Output Size pilih 640×480
  • Pada Viewport pilih Perspective.
  • Klik tombol Render.

Bagaimana sudah terlihat seperti meja dan bola pimpong..?

Penulis : Azimy Aviv

Inspirasi : Dosen Renderasi dan Animasi 3D Pak Adil

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s